Senin, 21 Januari 2019

Cara Mencuci Baju Dengan Tangan

Cara mencuci baju dengan tangan - Mesin cuci memiliki berbagai opsi konfigurasi dan opsi untuk mencuci semua jenis bahan dan pakaian. Namun, ada beberapa jenis bahan atau pakaian yang mungkin tidak cocok untuk dicuci dengan mesin cuci. Berikut ini adalah panduan praktis untuk membantu Anda mencuci pakaian yang perlu dicuci dengan tangan.

Cara Mencuci Baju Dengan Tangan
sumber : youtube.com

Kapan Anda harus mencuci pakaian dengan tangan?

Mencuci dengan mesin cuci itu mudah dan menghemat waktu, terutama di cuaca yang sangat cepat. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda dapat meninggalkan proses membersihkan pakaian, terutama yang membutuhkan perawatan khusus. Beberapa kondisi mengharuskan Anda untuk mencuci pakaian dengan tangan:
  • Pakaiannya terbuat dari bahan-bahan mulia seperti sutra, satin dan renda.
  • Bahan wol atau serat mudah kompresif.
  • Mengatasi pakaian menghilang
  • Mengatasi noda membandel

Sebelum mencuci semua jenis pakaian, terlebih dahulu pastikan untuk membaca label perawatan untuk instruksi dan instruksi mencuci. Perawatan yang tepat akan membuat pakaian ibu dan keluarga Anda lebih tahan lama.

Tips mencuci pakaian dengan tangan Anda

Pakaian kulit, suede, atau beludru bisa rusak jika dicuci dengan mesin cuci. Oleh karena itu, yang terbaik adalah mencuci pakaian jenis ini menggunakan metode dry cleaning dalam binatu.

Beberapa jenis bahan, seperti sutra dan wol, dapat dicuci di rumah dengan mencuci tangan. Mencuci dengan tangan tentu membutuhkan ketelitian yang lebih, terutama untuk pakaian yang terbuat dari bahan-bahan mulia. Pastikan untuk memperhatikan poin-poin berikut saat mencuci pakaian dengan tangan:
  1. Basahi dan rawat noda sebelum dicuci. Noda yang mengering setelah proses pencucian lebih sulit dihilangkan.
  2. Cuci pakaian yang memiliki warna yang sama agar tidak dikenakan. Selalu pisahkan pakaian putih dari pakaian berwarna saat mencuci.
  3. Gunakan deterjen atau perawatan yang sesuai; Ada deterjen khusus untuk bahan halus atau untuk mengobati pakaian yang aus.
  4. Gunakan air dingin untuk mencuci. Air panas atau air panas berisiko membuat wol lembut atau bahan sutera untuk mengurangi atau menguranginya.
  5. Tempatkan barang-barang kecil atau longgar di tas mesh atau sarung bantal. Tas jala akan melindungi benda-benda ini dari menangkap atau menjerat pakaian yang lebih besar.

Cara mencuci pakaian dengan tangan Anda

Ada beberapa jenis barang yang tidak boleh dimasukkan dalam mesin cuci. Banyak jenis barang lainnya pasti lebih aman jika dicuci dengan tangan. Ingatlah untuk mengenakan sarung tangan karet sebelum mengikuti langkah-langkah untuk mencuci pakaian Anda dengan tangan berikut:
  1. Isi ember besar dengan air dingin (air hangat atau panas dapat merusak pakaian lembut). Secara umum, air panas hanya cocok untuk mencuci pakaian dalam untuk menghilangkan dan membunuh kuman atau mikroorganisme yang dapat menempel pada pakaian dalam.
  2. Tambahkan deterjen. Ingat juga untuk memilih deterjen yang tidak menyebabkan iritasi. [WU1]
  3. Tempatkan pakaian dan rendam selama 15-30 menit sehingga deterjen bekerja secara optimal saat Anda mengangkat noda.
  4. Saya mencuci pakaian saya dengan lembut. Hindari menggosok terlalu cepat atau terlalu keras karena ini akan merusak pakaian atau goresan tangan Anda.
  5. Kosongkan ember dan bilas pakaian dengan air bersih yang dingin.
  6. Ulangi sampai semua busa hilang. Agar proses pembilasan lebih cepat, Anda harus menggunakan dua kubus.
  7. Peras airnya dengan menggulung pakaian di antara handuk bersih. Jika ini tidak memungkinkan, tekan dengan lembut agar serat dan pakaian tidak meregang.
  8. Keringkan pada permukaan yang rata atau pada jemuran, tergantung pada jenis bahannya. Ibu juga dapat menggunakan suspensi jika perlu.